Nihongo ni tsuite

Belajar bahasa asing itu gak mudah. Saya sendiri belajar bahasa Jepang sepertinya sudah lebih dari 10 tahun tetep skillnya masih segini-gini aja, karena sempat putus nyambung *kayak pacaran aja* dan jarang banget praktek, jadi skill saya lebih ke passive 😜

Ketertarikan saya dengan Jepang muncul ketika saya kecil, saat itu pop culture dari negara tersebut memang sedang booming. Kemudian saya mempelajari bahasa ini ketika kelas 2 SMA karena ada bahasa Jepang sebagai mata pelajaran bahasa asing.

Berhubung nilai bahasa jepang saya selalu sempurna *halah*, saya jadi semakin tertarik dengan Jepang dan secara gak sengaja makin mendalami dunia ‘kejepangan’ 😆 . Lulus kuliah di bandung saya mulai belajar nihongo lagi secara otodidak dengan berbekal materi dari internet, mulai dari soal-soal, kamus kanji, e-book sampai kemudian saya men-set target untuk ikut JLPT tiap tahun supaya tetap termotivasi, karena jujur aja makin tinggi levelnya makin susah, bikin males 😅
Setelah merasa putus harapan belajar sendiri akhirnya saya memutuskan untuk les, maka disinilah saya sekarang, jadi salah satu murid di Jakarta communication club, sudah sekitar 1 tahun saya belajar disini.
image

Selama bertahun-tahun mempelajari bahasa asing, saya menyadari klo ada beberapa tipe orang berdasarkan kemampuannya dalam menyerap bahasa asing. Ada tipe yang bisa menyerap bahasa asing dengan tinggal di negara native , ada juga yang meski sudah tinggal di negara native pun tetap gak bisa menguasai. Ada tipe yang mudah menyerap structure dan grammar, ada yang harus menghafal rumus, dll.

Berdasarkan pengalaman, saya coba memberikan tips untuk kalian yang sedang belajar nihongo, mungkin bisa berlaku juga untuk bahasa lainnya. Meski saya gak merasa kompeten untuk memberikan tips, semoga membantu ya 😸😸

● Listening dan grammar : Tontonlah dorama !
Dorama atau acara tv seperti talkshow, gameshow berguna untuk membiasakan diri dengan grammar dan vocab yg biasa digunakan pada percakapan sehari-hari. Karena yang saya lihat dari teman-teman yg lebih suka nonton anime akan lebih susah mengerti daily conversation, karena kebanyakan anime menggunakan kata-kata yang jarang digunakan dalam percakapan sehari-hari.
Buat cowo-cowo yang mungkin males nonton dorama karena ada romansa, tenang aja karena dorama jepang gak banyak yang berisi cerita romansa. Saya prefer yang bertemakan keluarga atau persahabatan. Etapi gak ada salahnya juga nonton dorama yang bertema profesi tertentu seperti hukum atau medis, meski nonton tanpa subs bikin keder juga karena banyak istilah medis dan hukum yang kanjinya kompleks 😵
Atau klo ada idola yang disuka, bisa juga nonton acara mereka di TV. Seperti saya yang suka Arashi, saya jadi hobi nonton banguminya mereka 😸 .

● Kanji : Rajinlah membaca, entah koran, lirik lagu, ato komik.
Karena kanji itu banyak banget dan klo gak dibiasain gak akan hafal. Salah satu cara menghafal paling gampang yaitu dengan latihan menulis. Tapi bahkan di era digital seperti sekarang banyak juga orang jepang yang kurang lancar menulis kanji. Maka triknya, rajin baca either koran atau komik deh yang agak ringan, dan gak lupa cross check ke kamus klo ketemu kanji yang gak dimengerti.

● Conversation : Praktek ngomong.
Lebih bagus lagi praktek ngomongnya dengan native donk tentunya. Cari lawan ngobrolnya dimana? Mungkin bisa coba tanya guru bahasa kalian atau kenalan via jejaring sosial saya yakin mereka mau bantu karena tujuan kita untuk belajar bahasa mereka kan
image

Dan untuk menguji kemampuan, ikut test sertifikasi kemampuan bahasa (JLPT). JLPT (Japanese Language Proficiency Test) aka nihongo nouryoku shiken ini terdiri dari beberapa level: N5 (level basic) sampai N1 (level paling tinggi). Untuk bekerja di perusahaan jepang, biasanya diperlukan kemampuan setara N2, sedangkan untuk masuk universitas perlu kemampuan setara minimal N3. JLPT serentak diadakan berbarengan, dan diadakan pada bulan Juli dan Desember (awalnya hanya Desember saja) . Tapi pada 2016 ini di Indonesia hanya diselenggarakan di bulan Desember saja, karena Juli bertepatan dengan idul fitri.

Dan satu lagi yang paling penting. Buatlah belajar bahasa ini semenyenangkan mungkin, karena memang lebih mudah klo ada idola atau artist atau komik yang disuka.

Ok sekian dari saya, mungkin ada tips lain dari kalian, atau pertanyaan mengenai belajar nihongo, silakan di comment section ya~ 🙂

Tinggalkan Balasan

