India : Kashmir (Gulmarg)

Tujuan utama kami ke Gulmarg tentunya untuk naik gondola yang merupakan gondola tertinggi dan terpanjang di Asia menuju puncak Afarwat yang termasuk dalam rangkaian pegunungan Himalaya.

Gondola ini terdiri atas 2 fase : fase pertama menuju gunung Kongdoori dan fase kedua menuju puncak Afarwat. Kami membeli tiket untuk kedua fase. Sayang kan jauh-jauh ke sini kalo gak sampe puncak 😀

gulmarg-bukan kami

Bus umum

Gulmarg berjarak sekitar 2 jam menggunakan mobil dari Srinagar. Sebenarnya bisa aja naik bus umum ke Gulmarg, tapi kurang fleksibel karena ada jadwal keberangkatannya.

gulmarg-otw1

Jalan tol di Srinagar

gulmarg-otw2

Mulai macet

Saya sangat menikmati pemandangan di kiri kanan jalan, rumah-rumah dari kayu, ladang canola, pegunungan bersalju, deretan pohon pinus, sampai bunga cherry blossom (sakura) yang memang pemandangan khas Kashmir.
gulmarg-canola flower

Ladang canola

gulmarg-otw3

biri-biri yang sedang merumput

Sekitar 1 jam perjalanan tiba-tiba jalanan mulai menanjak dan kiri kanan jalan banyak terdapat lelehan salju

Gulmarg - otw 2

udah mau sampe

Gulmarg - otw
Sebelum ke stasiun gondola, kami mampir di tempat penyewaan jaket musim dingin dan boots. Agak-agak geli sebenernya karena terlihat gak higienis, tapi berhubung di atas kayaknya bakalan dingin banget dan saya cuma pake jaket biasa plus driver kami berhasil dapetin harga diskon.. jadi terima aja deh (,,•﹏•,,)
gulmarg - gondola 2

menuju Kongdoori

gulmarg - gondola 1

Kongdoori station dari gondola

Awalnya saya kira salju di gunung Kongdoori mulai meleleh, karena sedang menuju musim panas, tapi ternyata dari gondola, Kongdoori terlihat tertutup salju tebal .. yay !

View dari atas sini indah banget, banyak pohon pinus, dan terdapat tempat penyewaan sledge dan peralatan ski. Tapi jadi kurang nyaman karena banyak asap rokok, maka setelah foto-foto sebentar kami langsung kembali ke stasiun untuk naik ke puncak Afarwat.
gulmarg-sampai2

View from afarwat

Dibanding Kongdoori , puncak afarwat terlihat lebih sepi, mungkin wisatawan merasa sudah cukup puas main salju di Kongdoori. Pemandangan dari Afarwat didominasi salju, gak ada pohon pinus, dan terasa dekat sekali dengan awan.
gulmarg-sampai3

Afarwat !

Saya yang kurang suka tempat ramai tentunya lebih menikmati puncak afarwat. Disini saya bisa bebas guling-gulingaan norak di atas salju yang masih belum diinjak-injak pengunjung. Tapi betenya setelah beberapa menit motret dan gelundungan .. saya tiba-tiba sesak napas dan pusing, untungnya ada Anis yang bantu saya jalan kembali ke stasiun gondola. Duh bener-bener nyebelin, kayaknya gara-gara tekanan udara di tempat tinggi. Dasar lemah (._.)

Sementara teman saya seru-seruan main salju, saya mah mencoba menenangkan diri dengan bernapas lebih cepat, istirahat, menikmati pemandangan, makan coklat, gebet cowo cakep di pojokan *halah* dan rumpi sama cewe sebelah saya.

Oia, sebelumnya saya baca postingan Trinity yang sempat terjebak mati listrik ketika naik gondola di Gulmarg ini, selama 10 menit. Saya udah siap-siapin mental aja, tapi ternyata mati listriknya terjadi ketika saya menunggu teman-teman bermain. ‘No worries’ kata staff gondola, tunggu 10 menit juga akan nyala lagi. Cewe sebelah saya yang dari Delhi juga gak terlihat kuatir, mungkin memang sudah biasa 😅

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s