India visa

Just got back from Indian Embassy to collect my passport.

So, here it is , my gate to india ( ´ ▽ ` )

image

Aplikasi visa India gak sulit sama sekali, selama dokumen kita lengkap . Untuk syarat2nya silakan cek di websitenya. Sebenarnya pemegang paspor Indonesia bisa apply visa on arrival langsung di beberapa kota di India, tapi untuk menghemat waktu dan uang (fee VOA lebih mahal sedikit dari fee visa regular) saya memutuskan untuk apply visa di Jakarta .

Jadi, jumat lalu saya dan anis ke kedubes India untuk menyerahkan dokumen. Kedubes India di Jakarta gak sekaku Kedubes Jepang sih yang pasti, security pun hanya dicek sekali. Suasananya rame banget kayak di pasar, staff di counter dan pengunjung bisa ngobrol tanpa sungkan ʕ•̫͡•ʔ.
Kembali ke proses apply visa India, saya kira gak akan makan waktu lama seperti apply visa Jepang yang tinggal ambil nomer antri, tunggu dipanggil, cek kelengkapan dokumen oleh staff kemudian datang lagi untuk ambil paspor. Ternyata di kedutaan India, selain cek kelengkapan dokumen juga di-cek validitas dokumennya saat itu juga ( ̄▽ ̄). Setelah menyerahkan dokumen, kami menunggu lagi giliran untuk sidik jari dan foto, dan kemudian bayar visa fee sebesar 472k IDR. Berhubung sudah bayar, maka saya berasumsi visanya sudah di-approve *geer bgt* . Proses ini memakan waktu sekitar 2jam. Setelah membayar fee, kami harus datang lagi hari senin untuk mengambil paspor yang sudah ditempel visa.

Senin tiba. Berhubung kantor saya cuma beda 1 halte TJ dari kedubes, saya berangkat sekitar jam 1545, yang ternyata jalanan udah macet banget. Tau gitu saya naik ojek aja deh. Pengambilan visa dibuka hanya 30 menit dari jam 1600-1630. Saya tiba di kedubes jam 1630 lebih sedikit deh kayaknya, untungnya masih dibolehin masuk, mungkin securitynya kasihan sama saya yang lari2 keringetan (´-`), jadilah saya orang terakhir yang ambil paspor hari ini ( ̄▽ ̄). Pengambilan visa dilakukan dengan memberikan tanda bukti bayar fee ke staff, gak sampai 5 menit, paspor yang sudah ditempel visa sudah di tangan (^^).

India, I’m coming !!

Tinggalkan Balasan

