Before turning 30

Entah kenapa umur 30 jadi kayak momok dalam hidup. Umur 30 harus udah mapan, punya ini itu. Saya gk menampik klo saya juga berpikir begitu meski gak harus saklek, toh tiap orang berbeda dan punya aturan hidup masing2. Dan untuk saya pribadi, sebelum menginjak 30 taun saya at least konsisten melakukan hal-hal berikut :

– Investasi
Banyak orang menganggap dengan menabung konvensional sudah cukup, tabungan dana pensiun pun dianggap akan mencukupi untuk biaya kehidupan hari tua. Mereka lupa klo ada yang namanya inflasi. Dengan hanya mengandalkan deposito untuk memenuhi kebutuhan kita di masa yang sudah tidak produktif sambil mempertahankan gaya hidup seperti saat ini, saya rasa akan mustahil. Untuk saat ini investasi saya masih berupa reksadana dan logam mulia, maunya sih merambah ke properti tapi modalnya yang gak kecil bikin saya harus nabung lebih keras 🙀

– Menulis
Saya suka mengenang sesuatu entah dari musik, aroma, atau foto. Ada beberapa episode dalam hidup yg klo saat ini dipikir mungkin gak berarti apa2, tapi satu saat bakal dikangenin. Sayangnya belum ada yg bisa mengekstraksi aroma yah :p
The least thing yang bisa dilakukan ya dengan menulis, apapun bentuknya: blog, buku, diary, sharing berbagai hal entah pikiran, cerita keseharian, atau sekedar foto. Menuangkan isi kepala mengenai sesuatu itu tidak mudah untuk saya, ya semoga bisa konsisten terus nulis di blog ini 😸

– Beli rumah / mobil
Saya jadi inget waktu kecil dulu, punya cita-cita yang egois. Beli camper van atau kapal pesiar yang sederhana aja biar bisa hidup nomadic 😼 tapi kenyataan hidup berkata lain haha. Untuk saat ini saya masih belum punya rumah atau mobil sendiri, belum merasa urgent juga. We’ll see in couple of years ahead

– Belajar bahasa asing selain English
Bahasa inggris saya biasa aja, gak jelek2 banget. Skor TOEFL masih aman, selalu diatas 500 deh. SMU sempet belajar bahasa jepang, dan karena nilai saya selalu bagus, saya lanjut belajar otodidak. Sampai sekarang skill saya masih begini-begini aja sih, dan karena udah mulai susah levelnya, kayaknya udah gak bisa otodidak, saya berrencana untuk ambil kelas di JCC atau Gakushudo. Target saya tiap tahun harus naik 1 level JLPT 😸

– Marathon
At least buat orang yang gak suka olahraga kayak saya sih lomba lari 5k deh hahah . Dari kecil saya memang gak jago olahraga, dan punya guru olahraga waktu SD yang hobi ledekin muridnya sendiri amat sangat membantu gue jadi makin males sama pelajaran olahraga :)) . Waktu SMU mentok2 juga jadi catcher klo maen softball. Berhubung lari sedang jadi olahraga happening saat ini, saya mau coba ikut race mungkin akhir taun ini 😽

Tinggalkan Balasan

