Applying Japan Visa

Saya coba share pengalaman apply visa Jepang kamis lalu. Saya kira akan susah dan repot, untungnya gak ada halangan apapun. Meski saya dan galih datang agak kesiangan karena saya lupa print bookingan tiket pesawat ke Haneda. Jam 9 pagi kita masih ngider2 di kebon kacang cari2 tempat print dan fotokopi ʕ•̫͡•ʔ

Setelah memastikan semua dokumen lengkap cabutlah ke konjen. Untuk syarat-syarat dokumen bisa dilihat di sini ya

Konsulat Jendral Jepang di Jakarta ada di sebelah EX, Plaza Indonesia dan gak susah nyarinya.

Setelah melewati beberapa kali pemeriksaan, kami sampai di ruang antrian, yang kebetulan gak begitu banyak orang. Lalu saya ambil nomor antrian.

Sambil menunggu saya check ulang dokumen dari form permohonan visa, tempel foto, susunan dokumen.

Yang menyenangkan, line antrian untuk travel agent dipisah , harusnya di kantor urusan imigrasi juga begitu ya ʕ•̫͡•ʔ

Jadi loket pertama untuk travel agent, loket 2 dan 3 untuk perorangan, meski yg aktif cuma loket 2 aja, dan loket sisanya mungkin untuk urusan visa nihonjin di Indonesia melihat petugasnya yg kyknya orang jepang.

Kemudian ..nomor saya dipanggil

Dokumen diperiksa..

Isi form lagi..

Beberapa menit kemudian, pak petugas meminta saya datang lagi ke konjen hari rabu untuk pengambilan paspor.

Untungnya gak ada dokumen yg dianggap kurang sama petugas jadi gak harus bolak balik ke konjen cuma untuk lengkapin dokumen, meski begitu belum ada jaminan visa bakalan di tangan juga .. dengan pandangan kosong *halah* saya kembali ke kantor

Hari rabu tiba, dan saya datang lagi ke konjen..

Masuk ruang tunggu.

Ambil nomor antri.

Menunggu ..

….

…..

Kemudian nomor saya di panggil. Saya maju ke loket, dan disuruh bayar visa 352rb rupiah
Kemudian petugas mengembalikan paspor saya yg ternyata sudah ditempel visa.

Yattaaaaaa !! (*´∇`*)

Ternyata gak sulit ngurus visa sendiri, meski denger gosip katanya Jepang negara ke 2 tersusah buat apply visa sesudah USA. Yang pasti, selama dokumen lengkap dan meyakinkan klo kita bisa jalan2 di sana dan balik lagi ke Indonesia tepat waktu , gak ada alasan untuk petugas nolak aplikasi visa kita.

One thought on “Applying Japan Visa

  1. Waa.. senangnya. Saya dulu diurusin sama kantor sih makanya kayaknya gampang. tapi temen saya bilang kalo untuk perempuan yang jalan sendirian agak susah buat dapet visanya. Tapi untunglah dirimu bisa dapet. ditunggu cerita jalan-jalannya yaa…

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s