Astro News : King of Supernova ~

Sebuah bintang besar yang memiliki massa 150x matahari baru baru ini meledak, supernova ini menimbulkan cahaya lima kali lebih terang daripada supernova mana pun dan berlangsung selama 70 hari.

Supernova terjadi ketika sebuah bintang tua kehabisan bakar lalu meledak dengan sendirinya. Bintang uzur itu bernama SN 2006gy, yang ditemukan pertama kali pada September tahun lalu oleh seorang mahasiswa di Texas. Letaknya 240 juta tahun dari bumi, berada pada galaksi yang jauh dari Bimasakti.

supernova.jpg

Nathan Smith, yang memimpin sebuah tim gabungan dari Universitas California Berkeley dan Universitas Texas Austin, mengatakan ledakan itu sungguh-sungguh besar, ratusan kali lebih energik daripada supernova biasa. Namun berbeda dengan supernova yang umum, pengamatan melalui teleskop sinar-X dari Observatorium Chandra di orbit, memperlihatkan bahwa ledakan SN 2006gy tak mengakibatkan black hole.

Para ahli astronomi kemudian memperkirakan ledakan bintang semacam itu akan terjadi pada bintang Eta Carinae, yang berada di galaksi Bimasakti berjarak 7.500 tahun cahaya dari bumi. Dave Pooley dari Universitas California di Berkeley, mengatakan bila Eta Carinae meledak, cahayanya akan begitu terang sehingga akan tampak meski pada siang hari.Mario Livio dari Institut Ilmu Teleskop Ruang Angkasa di Baltimore mengatakan Eta Carinae bisa meledak kapan saja. “Kami terus mengawasinya,” katanya.

Keterangan:
Bagian gambar paling atas merupakan ilustrasi grafis dari supernova SN 2006gy bila dilihat dari jarak dekat.

Bagian kiri bawah merupakan gambar infra merah dari galaksi NGC 1260, dimana bintang SN 2006gy berada menggunakan adaptive optics di Lick Observatory .

Bagian kanan bawah merupakan hasil X-Ray dengan objek yang sama (NGC 1260), yang memperlihatkan inti galaksi NGC 1260.

sumber :
http://www.tempointeraktif.com/hg/iptek/2007/05/09/brk,20070509-99666,id.html
http://www.nasa.gov/home/hqnews/2007/may/HQ_07102_Chandra_Supernova.html

18 thoughts on “Astro News : King of Supernova ~

  1. Massanya 150x matahari, tapi ledakannya nggak menghasilkan black hole? Berarti kuat banget dong ledakannya, supaya massa sebesar itu nggak mengumpul dlm radius kritis… (o_0)”\

    (eh, foto supernova yang dari hubble-nya nggak ada ya? pengen liat nih 😛 )

    Kurang ngerti juga sieh koq bisa gak menghasilkan blakchole yah.. aku searching di hubble memang gak ada kayaknya ^ ^

  2. hueee…..bacanya ga ngerti euy….bukan anak astronomi ato pengamat astronomi juga sih….tp potonya keren2 euy…kapan itu juga pernah buka2 situs hubble wuiiih keren2 emang potonya….kuasaNya emang maha yaaa hehe

    Inti beritanya mah ada ledakan bintang yang besar banget di luar galaksi kita ini… tapi gak menyebabkan blackhole..begitu mba~ 😀

  3. asyik juga lihat (baca cerita) galaxy “di luar sana”.
    Btw gambarnya hebat, bisa untuk banner 🙂

    Iya mengingatkan betapa kecilnya kita di alam jagat raya ini..hu3..oia lupa..sumber fotonya diambil dari web nasa di atas itu heheh..

  4. Sebuah bintang besar yang memiliki massa 150x matahari baru baru ini meledak,

    ntar dulu…, soalnya Letaknya 240 juta tahun dari bumi, berada pada galaksi yang jauh dari Bimasakti.

    Berarti kejadian sebenarnya sudah terjadi 240 juta tahun lalu juga. Tapi bener ga ya praduga saya?

    Nanti saya tanya dulu sama pak agorsiloku ah.

  5. Setuju ma Ninoy, ora mudeng neh…
    tapi serem juga ya kalo yg deket BS meledak, ada efeknya ke bumi ga ?
    Kamu salah jurusan Rin, di STT kan ga ada astronomi,
    kayaknya berbakat tuh, he3…

    Klo yang di bimasakti meledak juga entahlah kayak gimana akibatnya.. mudah2an aj gak ada efek aneh2 ke bumi heu~.. kang wahyu klo aku masup astronomi juga gak bakalan lulus..aku kan amat sangat bolot dalam pelajaran fisika mwehehehhe..cuma seneng aj ngikutin berita2 tentang astronomi ^ ^

  6. “mode asal nulis on”
    …ledakan bintang itu sepertinya memang terjadi 240 juta tahun yang lalu… karena cahaya ledakan itu membutuhkan waktu untuk sampai ke Bumi. Entah apa yang ada di lokasi supernova itu sekarang…
    “mode asal nulis off”

    Soal bintang Eta Carinae… Kalaupun dia meledak, ya berarti itu sudah waktunya. Kan lumayan, bisa lihat bintang bersanding dengan matahari. Efek terhadap bumi sepertinya akan minimal. Kan bintang itu jaraknya 7500 tahun cahaya dari Bumi. Waktu efek dari ledakan itu sampai ke Bumi, teknologi kita sudah demikian tinggi sehingga bisa mengatasi masalah itu… (^_^)
    “mode optimis lupa dimatiin”

  7. ngeri juga denger ada ledakan-ledakan galaksi dsb.
    btw pernah dapet berita tentang nibiru ga?

    Yang meledak itu bintang mbak..bukan galaksi 😀 soal planet Nibiru.. klo memang tertarik bisa baca artikelnya di sini ..agak panjang sieh artikelnya
    ^ ^

  8. Sebelumnya juga ada kan supernova yang lumayan dahsyat dan pernah dicatat oleh orang china jaman dulu. Gw lupa kapan. Katanya saking terangnya cahaya supernova itu, bahkan pas siang juga keliatan. N malemnya,mereka bisa baca buku hanya dengan mengandalkan cahaya supernova itu. Kalo nggak salah kejadian ini juga dicatat oleh orang arab.

    Ilmuwan sendiri nunggu-nunggu bgt momen adanya supernova krn emang jarang bgt tercatat.

  9. Wah.. kita se”jurusan” rin… Suka Astronomi tapi kog milih yang lain ya ???? kalau ngomongin ledakan bintang ataupun benda angkasa yang lain …. bumi sepertinya berada dalam ancaman terus.. tapi untungnya masih ada lapisan di atmosfer sana yang ngelindungi bumi kita. Atau bintang atau benda angkasa itu yang berbaik hati berbalik arah , ” gak jadi ah nabrak bumi .. kasihan… ” 🙂

  10. ehhhh,,,apa apa an ini??? oi kapan nonton bareng lagi….yg kmrn gw dilupain..sungguh menyedihkan diriku ini :mewek:mewek:mewek:

    Elah syafu..koq sasya sieh name nya? yu yu nonton bareng2 lagi..tapi gw gak tau kapan ke bandung lagi nyeheh..

  11. @DimasHusna: iya bener koq klo jaraknya 240 juta tahun cahaya dari bumi berarti kejadiannya 240 juta tahun yang lalu ^ ^

    @Andana: *coba matiin mode optimisnya* 😛 ..hmm anda penyuka astronomi juga yah? wah sayang gak ada blog nya yah..ato web yang lain gitu..ada kah?

    @Alle: duh iya nieh..beliin teleskop donk bang *disambit alle*

    @Yuuki:oh iya itu taun 1000-an gitu..gw pun lupa ..yang sisanya jadi nebula Kepiting ~ keren yah ..malem berasa terang banget gitu

    @Ipit:kenapa kita milih IT ya pit? klo aku sie mungkin lebih karena jurusan astronomi cuma ada di ITB..passing gradenya pasti tinggi ..dan aku malah jiper duluan mwahahha..Baka!

    ps:maap baru bales commentnya sekarang..-__-

  12. wah2..subhanallah bgt y?
    supernova y bnr2 ‘big’ bgt,,,150x’na matahari gila!!!!
    but moga aja matahari qt mah lm bwt ngalamin hal kyk gini..aaamiin

  13. Allahu akbar, betapa besar ciptaan Allah.”Jiklu seluruh lautan dijadikan tinta dan ranting dibumi ini dijadikan penanya, serta dedunan dijadikan kertasnya, maka tidak akan pernah dapat menulis seluh nikmatnya”.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s