Sudoku

Dari kecil..gw mank selalu suka dengan permainan puzzle ato teka teki..malah waktu sd itu gw sering berebut koran kompas minggu ama ade gw cuma buat ngisi teka teki nya heheh..

sudoku

Semenjak tau permainan sudoku beberapa bulan lalu ..gw bisa dibilang jadi ketagihan 😀

saking ketagihannya .. di rumah ada beberapa buku puzzle sudoku yang udah terisi..

Wiki says..

Nama “Sudoku” adalah singkatan bahasa Jepang dari “Suuji wa dokushin ni kagiru” artinya “angka-angkanya harus tetap tunggal”.

sudoku adalah permainan teka teki logika angka. Tujuannya adalah untuk mengisikan angka-angka dari 1 sampai 9 ke dalam jaring-jaring 9×9 yang terdiri dari 9 kotak 3×3 tanpa ada angka yang berulang di satu baris, kolom atau kotak.

Untuk memainkannya perlu ketelitian dan kesabaran -puzzle yang susah banget bisa ampe 2jam lebih ngerjainnya-

yang penting ngerti dulu aturan mainnya..salah 1 angka aj puzzlenya bisa kacaw -berderai air mata-

PS:
baru2 ini gw beli buku sudoku yang berisi 300 puzzle..akhirnya kebeli juga deh nie buku..dah kepengen dari dulu2..tapi dulu itu masi sayang.. 30rebu cuma buat di coret2 dan bikin pusing..dari level paling mudah sampe yang paling rumit ada..kolom waktu dan nilainya juga ada..jadi bisa tau kemampuan kita..

sekarang masi di puzzle 49..susah..padahal dibuku itu puzzle ini masuk ke kategori mudah..

hikss

35 thoughts on “Sudoku

  1. Haduh, aku malah baru main beberapa hari udah nyerah. Soalnya aku nggak telaten sih 😛

    yang hobi banget itu ibuku, sampai sekarang masih setia, udah banyakbuku yang dia habiskan buat ngisi waktu.

  2. pengen sih nyobain..
    tapi gak sempet sepertinya…
    heheheh.. sok sibuk nih yee,,…
    😉

    gak tau juga tuh klo udh pernah nyoba apa ketagihan ato ngga…

  3. hemm..jadi inget salah satu game house namanya tropix, nah di game itu ada beberapa pilihan game, kita bisa pilih, nah klo dah kebuka salah satunya ada game sudoku inih..heuheu baru pass beberapa kali sih, itu pun di level yg relative gampang..klo yg hardestnya blon pernah pass tp gara2 kompi di instal ulang jadi ajah ilang n males instal lagi gamenya heuheu ko jadi curhat gini? cie ke bandung bawa bukunya ya..mau potokopi hahahahaha

  4. @mardun:mama saya malah stress sndiri klo maen beginian 😛

    @Orido:
    heheh..cobain aj..mayan biar otak ga tumpul 😀

    @ninoy:
    buset potokopi??udah ada isinya..mendingan potokopi yang ada di bookstore wekekkeke

  5. ci.. beneran lo dah beli bukuny?? wew… cie demen bgt ama sudoku, gw aja maen ginih level1 kadang ga selese.. hiks.. 😦
    ada tips2ny gak byar bisa nyelesein? 😀

  6. @ Galz:
    lo baca dulu aturannya trus di mengerti ..di tyap buku ada koq tips2nya..tapi secara umum..klo dah sering main pasti tar nemu cara sendiri buat selesein heheh..dan yang pasti logikanya kudu jalan..gw lebih seneng selesein puzzle di buku dibanding di komputer..ga bisa oret2 soale 😛

  7. iya.. dl gw seneng bgt bs nyelesein puzzle yg dkomp.. ehehe.. bnr2 hrs mikir niehh.. tp seru dah bwt ngabisin waktu.. pgn cari sudoku buat game dhape, ada ga ya.. cari ahh.. 😀

  8. @Kang Adhi :
    puzzle 49 dah lewat donk..ngerjainnya sejam lebih.. -__-

    @Galz:
    ada sieh tapi ga tau kudu donglot dimana 😛 madam ulat punya tapi emang dah di instal di hapenya dari pas dia beli -__-.. aku ngiri

  9. mas, kalo sudoku udah ada sofware permainan portablenya, cari aja di portableapps.org (linknya bener apa gak ya??), ato search aja di google. tapi saya masih bingung gimana mainnya. hehehhe

  10. @peyek:
    fedora apa mas? linux? -galuk2 pala- lam kenal juga ya 😀

    @ndarualqaz:
    mas komennya di tujukan buat siapa sieh?koq pake ‘mas’ ? aku kan peyempuan =3 ..gem portable nya maksutnya bentuknya sperti GBA? sudah ada game java nya juga koq..jadi bisa maenin dari henpon..tapi hape ku ga pake game aj gampang nge-drop ..gimana klo ditambahin gem -__- ..btw lam kenal mas ndarualqaz..

    @antobilang:
    baca donk baca!!
    -disambit antobilang-

  11. @fujiwarayuuki:
    iye gw masupin ke blogroll ..gw malah maen kartu yang bego hueheheh..dah lupa sama skali sieh lagian banyak macemnya ..jadi ketuker2..heu~btw template lo koq sama ma gue…?? -berderai air mata pun dimulai-

  12. @Micokelana:
    bedanya sudoku ama sodakoh..? Sudoku itu dari basa jepang..sodakoh dari basa arab 😛 -jayusnakumat.net-

    @Cakmoki:
    Intinya permainan ini..melengkapi petak 9×9 yang di sediakan dengan angka 1-9 ..dengan syarat tyap baris,kolom dan kelompok tidak boleh ada angka yang sama..begitu dok..
    bisa di coba di sudokulive.net ato di gamehouse.com 😀

  13. @ndarualqaz
    salah mas, yang bener portableapps.com…
    di situs itu juga menyediakan hampir semua aplikasi portable…

    @chielicious
    saya sih udah bosen mainnya…habis saban hari, kalo lagi sumpek maen ini (ya itu tadi seperti mas ndarualqaz bilang) dari ufd saya…sekarang lagi nyari game bubles versi portable….
    oya, salam kenal ya…

Tinggalkan Balasan

