Kapan ya Endonesa bisa bersih?

Ada info menarik ..

1171960200pic.JPG

“Believe or not? Di negara semaju Jepang, salah membuang atau mengkategorikan sampah bisa mendapat teguran keras dari para tetangga. Alasannya karena masyarakat Jepang memiliki tata krama khusus dalam membuang sampah. Di sisi lain, penduduk Jepang begitu peduli dan mencintai lingkungan tempat mereka tinggal.

Membuang sampah (gomi) tidak bisa sembarangan dilakukan di sana. Ada aturan/tata krama yang berlaku di tiap-tiap daerah. Semua aturan menyatakan bahwa gomi harus dipilah dan dibedakan antara yang bisa dibakar dan tidak. Gomi wajib dibuang tepat pada tempat yang ditentukan. Selain hari pengangkutan, dilarang mengeluarkan gomi. Bagi yang melanggar, dipastikan memperoleh omongan tajam dari tetangga. Bahkan terkena peringatan dari dinas terkait.

Ketentuan istimewa berlaku bagi gomi yang mengandung bahan kimia berbahaya. Baterai bekas misalnya, harus dimasukkan ke dalam kotak pengembalian di toko yang menjual baterai itu. Hal serupa berlaku pada sampah aneka botol. Lalu bagaimana dengan sampah besar seperti perabotan rumah tangga? Adakah tukang loak yang siap membeli? Sampah ukuran besar (sodai gomi) dibuang pada hari pengangkutan yang telah ditetapkan. Beberapa daerah biasanya mengenakan biaya khusus. Sedangkan masyarakat yang akan membuang gomi elektronik seperti AC, TV, kulkas dan mesin cuci, wajib menghubungi toko yang dulunya menjual barang-barang tersebut. Selanjutnya pihak toko menyerahkan kepada produsennya untuk didaur-ulang. Semua perusahaan/produsen wajib bertanggung jawab pada barang-barang yang sudah rusak. Tata krama ini diberlakukan dengan maksud untuk mengurangi jumlah sampah.

Orang Jepang sangat peduli pada lingkungannya. Mereka sadar bahwa sampah adalah masalah yang serius dan butuh perhatian khusus. Mentaati tata krama gomi adalah wajib hukumnya. Sudahkan kita peduli pada lingkungan sendiri? ”

Jawabannya ..tanya sama hati nurani diri sendiri =3 *elahh*

Eniwei ..

Apa sieh yang menyebabkan orang Endonesa ini membuang sampah sembarangan?

Menurut hasil riset subjektif dan ga bertanggung jawab yang di buat oleh sang pemilik blog yang manis tapi ga narsis ini ada beberapa penyebab para oknum ini membuang sampah tidak pada tempatnya..

1. Tidak ditemukannya tempat sampah terdekat dikala sang calon oknum ingin membuang sampah..
Klo ada pun biasanya jauh banget..dan karena pada dasarnya orang Endonesa ini males ga mau repot..jadi mereka lebih memilih untuk buang sampah seenaknya….dan ini biasanya terjadi ga cuma di tempat umum.. =3

solusi yang memungkinkan :
a. jangan malas bwt cari tempat sampah terdekat ..*biasana klo lagi di tempat umum macem mal ..buat beginian doank gw ampe muter2 heu~*
b. kumpulin sampah nya donk..klo lagi di luar dan ga mau tas nya kotor bisa juga dengan membiasakan bawa kantong khusus buat nampung para sampah ..sampe rumah..masupin tong sampah deh..

2. Kebiasaan..
ato mungkin bisa dibilang reflex?? karena saking terbiasanya??..mungkin terbiasa dari lahir lingkungan sekitarnya yang klo buang sampah tinggal lempar sejauh tangan nya bisa melempar

solusi yang memungkinkan: klo menurut gw..ga ada..karena yang beginian mulainya dari disiplin masing2 orang..hukuman denda aja ga akan pernah mempan..Endonesa gitu lohh~

3. Kurangnya faslitas dari pemerintah..mungkin karena terlalu ‘sibuk’ ngurusin rakyatnya jadi ga sempat menyediakan tong sampah..gw sering banget ngerasa kesulitan mencari tempat sampah di tempat umum..jadi biasanya sampah2 itu tak biarin numpuk di tas heheh sama aj jorok juga..

Jangankan tong sampah..

Salah satu rumah temen gw di bandung ..ga pernah didatengi petugas kebersihan..jadi sampah2 dari rumahnya..dikumpulkan..dan di buang ke sungai terdekat ..miris banget klo melihat kondisi sungainya..penuh dengan sampah dan berbusa2 ..*merinding*

Salah siapa donk klo kasusnya sperti ini??

pemerintah yang kurang perhatian ..ato masyarakat yang ga mo repot nyari nemu cara lain selain buang sampang ke sungai??

Alam dicabuli disakiti ..manusia menderita..bukan hanya karena kehendak Tuhan ..tapi karena begitulah cara kerja alam.. ada sebab ..ada akibat..memang sudah begitu prosedur nya..

makanya gw slalu bilang klo Tuhan itu programmer paling keren sejagad raya.. heheh..

Ada aj kan orang yang berpendapat.. banjir itu karena Tuhan sedang murka kepada makhluknya..karena orang2 jkt kebanyakan berbuat maksiat ..Heu~ *geleng2 ampe godeg* ..

btw cuma sampe point 3 nieh..ada yang mo nambahin?.. 😀

hasil riset diatas berdasarkan pada survey ke teman terdekat, pemantauan di jalanan ibukota jakarta,dan dengan bertanya pada diri sendiri :p secara gw kan mantan oknum-pelaku-pembuangan-sampah-sembarangan itu..meskipun klo nyampah liat2 tempat juga

ps:
kutipan dan gambar diatas diambil dari sini ..banyak info menarik lainnya juga koq 😀

7 thoughts on “Kapan ya Endonesa bisa bersih?

  1. masalah yg ga pernah selesai.. rata2 hrs ‘dtegur’ dl baru melakukan yg bener.. trs kl dah normal, mulai terlupakan lg.. salah satu sifat manusia yg sebnrny bs drubah, tp ga dbiasain.. -nyambung ga nih ya?- ;))

  2. @Tajib :heu~saya kmaren2 tanya temen2 saya ..apa mereka masi suka nyampah sembarang.. rata2 jujur sieh .. jawabannya lebih banyak ‘iya’ -__-..

    @G: gpp gal..ditegur aj dulu..klo sering2 tar nyadar sendiri .. trus jadi terbiasa..aminn..

    mulai sekarang ..klo ada temen yang nyampah seenaknya semprot pake aer pipis aja.. emang sie biasanya di ledek2in .. 😛 tapi mo gimana lagi coba..

  3. Ping-balik: chielicious~

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s